Saturday 21 September 2013

Bolehnya Beramal dengan Hadits Dha’if


A.    Pengertian Hadits Dha’if
Dha’if secara bahasa berarti lemah, lawan dari kuat. Sedangkan secara istilah adalah hadits yang tidak memenuhi kriteria yang terdapat dalam hadits shahih maupun hadits hasan.
Hadits dha’if adalah hadits yang lemah yang disebabkan tidak memenuhi salah satu atau lebih syarat-syarat yang terdapat pada hadits shahih atau hadits hasan. Di antara yang menyebabkan hadits tersebut tidak memenuhi syarat yang terdapat dalam hadits shahih ataupun hasan adalah karena:
1.      Terputus sanadnya.
2.      Terdapat di antara perawinya seorang yang tidak adil, maksudnya adalah perawi tersebut dikatakan adil apabila ia seorang muslim, baligh, berakal, tidak fasiq dan tidak tercemar muru’ahnya.
3.      Terdapat juga di antara perawi hadits tersebut yang lemah ingatannya.
4.      Adanya syadz (keganjilan atau sesuatu yang menyebabkan hadits tersebut menjadi meragukan)
5.      Terdapat illat (kecacatan) pada hadits tersebut.


B.     Hukum Meriwayatkan Hadits Dha’if
Para ahli hadits dan yang lainnya membolehkan agar bersikap longgar (tasahul)  terhadap riwayat-riwayat yang dha’if (selama tidak sampai derajat maudhu’, karena hadits maudhu’  tidak boleh diriwayatkan secara mutlak) tanpa harus menjelaskan derajat kedha’ifannnya dan boleh juga mengamalkannya, dengan syarat:
1.      Tidak berhubungan dengan masalah akidah, seperti sifat-sifat Allah Ta’ala.
2.      Tidak berhubungan dengan masalah hukum syar’i seperti masalah halal dan haram. (Tadrib ar-Rawi, I/298)
Sehingga untuk masalah-masalah diluar dari dua hal tersebut boleh saja hadits dha’if diriwayatkan, misalnya dalam ranah nasehat, motivasi, ancaman, kisah-kisah dan yang semisalnya. Sebagaimana yang dinukil dari ulama-ulama hadits, diantaranya menurut Sufyan ats-Tsauri, Abdur Rahman bin Mahdi, Ahmad bin Hanbal, dll.
Walaupun demikian bagi siapa saja yang meriwayatkan hadits dha’if perlu diperhatikan, hendaknya jangan mengucpakan : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم كذا (Rasulullah saw telah bersabda demikian), tetapi hendaknya berkata : روي عن رسول الله صلى الله عليه وسلم كذا  (diriwayatkan dari Rasulullah saw demikian) atau   بلغنا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم كذا (telah sampai kepada kami dari Rasulullah saw demikian) atau yang semisalnya. Yang demikian itu agar tidak menisbatkan dengan pasti bahwa hadits tersebut adalah sabda Rasulullah saw sedangkan kedha’ifannya diketahui dengan jelas. (Taisir fii Mushthalah al-Hadits, 65)

C.    Hukum Beramal dengan Hadits Dha’if
Mengenai hukum mengamalkan hadits dha’if ini para ulama berbeda pendapat. Tetapi jumhur ulama sangat menganjurkan menggunakan hadits dha’if untuk tujuan fadhilah amal, bahkan Imam Nawawi dalam Muqaddimah Hadits Arba’in (3) menghikayatkan bahwa para ulama sepakat atas bolehnya mengamalkan hadits dha’if dalam ruang lingkup Fadha’il al-A’mal. Tetapi dengan syarat–syarat tertentu, seperti yang telah dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam Tadrib ar-Rawi (I/298-299)
1.      Hadits tersebut tidak terlalu dha’if.
2.      Hadits tersebut menggambarkan suatu amalan yang pada asalnya bersandar kepada hadits shahih atau hasan.
3.      Tidak meyakini ketika beramal dengan hadits tersebut bahwa hadits itu tsubut dari Nabi saw, tetapi sebagai ihtiyath.

D.    Beramal dengan Hadits Dh’if Menurut Ulama Hadits
Berikut ini adalah perkataan para ulama salaf maupun khalaf mengenai hadits dha’if khususnya dalam ranah fadha’il al-a’mal, yang dikutip oleh Muhammad Khalaf dalam kitab Lisan al-Muhadditsin (II/287):
1.      Sufyan ats-Tsauri
لا تأخذوا هذا العلم في الحلال والحرام إلا من الرؤساء المشهورين بالعلم الذين يعرفون الزيادة والنقصان ، ولا بأس بما سوى ذلك من المشايخ.
“Janganlah mengambil ilmu ini dalam urusan halal dan haram kecuali dari para ulama yang terkemuka yang populer kemuliaannya, yang dapat mengenali adanya penambahan dan pengurangan dalam suatu hadits, dan boleh menerima hadits-hadits selain dalam konteks di atas dari para ulama kebanyakan”
2.      Sufyan bin Uyainah
لا تسمعوا من بقية ما كان في سُنَّة ، واسمعوا منه ما كان في ثواب وغيره.
“Janganlah kalian mendengarkan hadits dari baqiyyah (seorang perawi yang dha’if) berkaitan dengan ajaran, akan tetapi dengarkanlah darinya hadits yang berkaitan dengan pahala dan selainnya”
3.      Imam Ahmad bin Hanbal
إذا روينا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم في الحلال والحرام والسنن والأحكام تشددنا في الأسانيد ، وإذا روينا عن النبي صلى الله عليه وسلم في فضائل الأعمال وما لا يضع حكماً ولا يرفعه تساهلنا في الأسانيد.
“Apabila kami meriwayatkan dari Rasulullah saw seputar permasalahan halal, haram, sunnah dan huku-hukum, kami memperketat dalam menyeleksi sanad, apabila kami meriwayatkan dari Nabi saw dalam fadhail al-a’mal dan hal yang tidak terkait dengan hukum, maka kami memperlonggar dalam menyeleksi sanad”
4.      Abu Zakariya al-Anbari
الخبر إذا ورد لم يحرم حلالاً ولم يُحِلَّ حراماً ، ولم يوجب حكماً ، وكان في ترغيب أو ترهيب أو تشديد أو ترخيص : وجب الإغماض عنه والتساهل في رواته
“Apabila hadits yang datang tidak mengharamkan perkara yang halal, tidak menghalalkan perkara yang haram dan tidak menetapkan suatu hukum, hadits tersebut hanya menjelaskan seputar motivasi, peringatan, memperketat atau dispensasi, maka harus memejamkan mata terhadap hadits tersebut dan harus toleran terhadap perawinya”
5.      Ubadah bin Sulaiman, yang dikutip oleh Ibnu Abi Hatim dalam kitab al-Jarh wa at-Ta’dil (I/30-31)
قيل لابن المبارك، وروى عن رجل حديثاً، فقيل: هذا رجل ضعيف، فقال: " يحتمل أن يروى عنه هذا القدر أو مثل هذه الأشياء ".قال أبو حاتم الرازي: قلت لعبدة: مثل أي شيء كان؟ قال: " في أدب، في موعظة، في زهد، أو نحو هذا "
“dikatakan kepada Ibnu al-Mubarak, beliau meriwayatkan sebuah hadits dari seseorang, lalu dikatakan : “orang ini adalah dha’if”, maka ia menjawab : “boleh saja diriwayatkan dari orang tersebut dalam kadar ini atau yang semisal ini”. Maka Abu Hatim berkata : Aku bertanya kepada Ubadah : “contohnya seperti perkara apa?” ia menjawab : “yaitu pada masalah adab, mau’idhah, zuhud dan semisalnya”
6.      Abdurrahman bin Mahdi, yang dikutip oleh al-Hakim dalam al-Mustadrak (I/490, setelah hadits no. 1801), dikutip juga oleh al-Baihaqi dalam Dala`il an-Nubuwwah (I/34), begitu juga oleh al-Khatib dalam kitabnya al-Jami’ (no. 1267)
إذا روينا عن النبي صلى الله عليه وسلم في الحلال والحرام والأحكام شددنا في الأسانيد وانتقدنا الرجال. وإذا روينا في فضائل الأعمال والثواب والعقاب والمباحات والدعوات، تساهلنا في الأسانيد
“Apabila kami meriwayatkan (suatu hadits) dari Nabi saw seputar masalah halal, haram, dan hukum-hukum, kami bersikap ketat dalam menyeleksi sanad, dan kritis terhadap Rijalul haditsnya (perawinya). Tetapi apabila kami meriwayatkan (suatu hadits) seputar fadha’il al-a’mal, pahala, siksa, perkara-perkara yang mubah dan do’a-do’a, kami memperlonggar dalam menyeleksi sanad”
7.      Imam an-Nawawi dalam Muqaddimah Hadits arba’in an-Nawawiyyah.
وقد اتفق العلماء على جواز العمل بالحديث الضعيف في فضائل الأعمال
“Para ulama telah sepakat atas bolehnya beramal dengan hadits dha’if dalam masalah fadha’il al-A’mal”

0 komentar:

Post a Comment